8 Tips Persiapan Medical Check-Up Agar Lolos Seleksi Kerja

 

Tes kesehatan atau medical check-up merupakan serangkaian proses seleksi kerja. Tes kesehatan menjadi penentu akhir seseorang bisa diterima atau tidak. Ya, setelah melewati pendaftaran kerja baik offline maupun online seperti lewat HHRMA Bali, dan lolos seleksi tertulis maupun wawancara, biasanya kamu masih harus medical check-up.

Sangat disayangkan apabila perjuangan seleksi pekerjaan kamu justru gagal pada tahap ini. Untuk menghindari hal tersebut berikut beberapa tips mempersiapkan medical check-up agar bisa lolos. 

Tips Medical check-up Agar Lolos Seleksi Kerja

  1. Pastikan Tidur dengan Cukup

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa tidur yang cukup mampu menjaga tekanan darah agar tetap normal ketika melakukan medical check-up. Selain itu tidur dalam waktu cukup juga akan membantu sistem saraf agar lebih rileks serta menurunkan level hormon stres. 

  1. Banyak Minum Air Putih

Proses medical check-up biasanya juga mencakup tes darah dan tes urine. Tanpa disadari asupan air yang cukup juga akan memudahkan dokter ataupun pihak laboratorium untuk mengambil sampel darah dan urine kamu. 

  1. Berpuasa

Tidak ada salahnya melakukan puasa minimal 12 jam sebelum melakukan tes medical check-up. Hal ini bertujuan untuk menghindari kadar gula darah meningkat akibat makanan yang dikonsumsi sebelum melakukan tes pemeriksaan kesehatan tersebut. 

  1. Hindari Makanan Berminyak dan Asin

Pada dasarnya, garam dan lemak mampu mempengaruhi tingkat kolesterol dan tekanan darah dalam tubuh. Ada baiknya setidaknya dalam 3 hari sebelum melakukan tes pemeriksaan kesehatan kamu wajib menghindari makanan yang banyak mengandung garam dan lemak. 

  1. Hindari Minuman Berkafein dan Rokok

Minuman berkafein dan merokok mampu mempengaruhi darah. Selain itu minuman berkafein dan merokok juga bisa menyebabkan tekanan darah menurun. Hal ini akan membuat pihak kesehatan kesulitan untuk mengambil sampel tes darah. 

  1. Banyak Konsumsi Buah dan Sayur

Kandungan serat dalam sayur dan buah mampu membantu memperlancar sistem pencernaan. Buah dan sayur sendiri juga bisa meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Hal ini akan membantu tubuh menjadi lebih sehat. 

  1. Usahakan Lakukan Medical check-up Pada Pagi Hari

Melakukan medical check-up pada pagi hari umumnya bertujuan untuk memberikan waktu kepada tubuh setelah melakukan puasa selama 12 jam lamanya di malam hari. Terlebih lagi dengan tidur yang cukup maka tubuh berada dalam kondisi yang optimal. 

  1. Jaga Stamina Tubuh

Berolahraga sebelum melakukan tes kesehatan tidak hanya akan membuat tubuh menjadi lebih bugar saja. Namun juga membantu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti lari, jalan atau bersepeda. 

Hindari beberapa jenis olahraga yang berat dan menguras banyak tenaga. Sebab olahraga berat dan menguras tenaga mampu meningkatkan tekanan darah dan jantung yang secara otomatis akan mempengaruhi hasil tes medical check-up kamu nantinya.

Itu dia beberapa tips dan persiapan yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan medical check-up agar bisa lolos seleksi kerja. Jangan pernah anggap remeh tahapan yang satu ini. Sebab tes kesehatan mampu menentukan apakah kamu akan diterima atau tidak. Untuk itu pastikan selalu lakukan persiapan dengan baik.