Cara Memulai Bisnis Air Minum Isi Ulang

 

Depot air minum isi ulang bisa menjadi ide bisnis sederhana dengan keuntungan yang menjanjikan. Utamanya bisnis ini paling tepat berlokasi di kota atau tempat yang padat penduduk. Terlebih jika dilakukan di lokasi yang tidak tersedia cukup air layak minum.

Cara memulai bisnis air isi ulang

sebelum memulai bisnis depot air minum isi ulang, penting untuk melakukan survei terlebih dahulu. Pemilihan lokasi yang tepat akan berpengaruh terhadap keuntungan penjualan. Berikut selengkapnya tips-tips yang bisa diterapkan :

1. Survei kebutuhan masyarakat

Penting untuk melakukan survei kebutuhan masyarakat. Lokasi terbaik adalah dalam masyarakat yang konsumsi air minumnya melalui proses produksi. Karena dalam masyarakat pedesaan, kebanyakan konsumsi air minumnya dari perebusan sendiri.

Jika membuka udaha depot air minim di pedesaan, maka perlu diimbangi dengan melakukan sosialisasi. poinnya adalah mengenalkan kepada masyarakat tentang kelebihan air minum isi ulang. Mulai dari pengolahan yang lebih praktis dan hemat serta kualitas air yang lebih bagus.

2. Kerjasama dengan distributor sumber air

Bahan baku utama dalam usaha depot air minum adalah tersedianya sumber air untuk diolah. Bisa dengan menggunakan jasa penyedia (provider) layanan sumber air pegunungan yang memiliki kualitas bagus. Ketersediaan sumber air dan kualitasnya akan sangat berpengaruh terhadap produksi dan penjualan.

Pilih provider yang profesional dan terpercaya. Kalau perlu, bisa melakukan riset untuk mengetahui sumber air yang diambil oleh provider. Hal ini untuk menghindari adanya pelanggaran yang berpengaruh pada terhambatnya produksi.

3. Persiapan peralatan produksi dan penjualan

Untuk memulainya, pertama perlu dipersiapkan peralatan produksi. Perlu juga untuk memahami dengan baik terkait prosedur penggunaan peralatan tersebut. Utamanya bagian filtrasi dan penggunaan karbon aktif sebagai penyaringan air.

Untuk proses penjualan, perlu dipersiapkan galon dan juga kendaraan untuk mobilisasi. Depot isi ulang biasanya akan menerima banyak permintaan untuk layanan antar. Peralatan pendukung lain, seperti mesin cup sealer filling botol, juga perlu dipersiapkan dengan baik.

4. Mempersiapkan strategi penjualan

Strategi penjualan sangat penting dipersiapkan untuk meningkatkan penjualan. Utamanya untuk mengenalkan usaha pada masyarakat. Semakin banyak orang yang tahu akan semakin baik, karena jangkauannya akan semakin luas.

Kupon promo bisa menjadi strategi yang bagus untuk awal penjualan. Karena pada dasarnya semua orang akan tertarik dengan segala jenis promo. Lebih bagus lagi jika ditambah dengan penggunaan, pamflet dan banner.

Demikian 4 tips yang bisa diterapkan dalam memulai bisnis air minum isi ulang. Meski bisnis ini tergolong sederhana, namun setiap detailnya harus diperhatikan dengan baik. Ketersediaan mesin cup sealer filling botol juga menjadi salah satu kebutuhan yang penting. Disamping itu proses pengolahan dan penjualan harus dilakukan secara sistematis.