Cara Mudah Menulis Artikel Konseptual adalah, Tips Berbagi

 

Artikel Konseptual adalah jenis karya tulis yang memuat gagasan dari penulis tanpa dilakukan kajian teori secara mendalam. Mungkin sudah tidak asing lagi ketika Anda mendengar istilah konseptual.

Dari kata konseptual sendiri sudah bisa menggambarkan bahwa tulisan yang mengandung sebuah konsep-konsep. Dalam segi tata tulis juga memiliki aturan nya sendiri.

Artikel konseptual juga sering kali dipakai oleh jasa penulis artikel untuk memberikan tawaran jasa nya. Hal ini tentunya dipercayakan karena tidak membutuhkan pembenaran terhadap gagasan yang ditulis oleh penulis.

Selayang Pandang Tentang Artikel Konseptual Adalah

Jenis artikel konseptual dan ilmiah memiliki beberapa perbedaan. Dilihat dari segi gaya ke penulisan dan kedalaman penelitian yang berbeda.

Artikel ilmiah seringkali digunakan untuk mengikuti berbagai event perlombaan, di mana ide dan gagasan penulis dipakai untuk memecahkan permasalahan yang ada. Hasil penelitian yang digunakan juga sudah teruji keabsahan datanya.

Artikel konseptual ditulis berdasarkan kajian pustaka pada teori-teori yang digagas oleh orang lain. Tidak melakukan riset secara mendalam untuk mengetahui benar atau salah dalam pengambilan topik.

Di sisi lain, penulisan artikel konseptual sedikit lebih ringan dibandingkan jenis ilmiah. Lalu, bagaimana cara mudah dalam menulis artikel konseptual, terkhusus bagi Anda yang sedang terjun ke dunia penulisan?

Berikut Cara Menulis Artikel Konseptual dengan Benar

Setelah mengetahui perbedaan antara artikel konseptual dan ilmiah, selanjutnya adalah tips menulis dengan mudah. Berikut adalah cara mudah menulis artikel konseptual:

  1. Poin Urgent, Tentukan Topik yang sesuai

Sudah menjadi konsumsi sehari-hari bagi Anda yang sedang atau sudah terjun dalam dunia ke penulisan. Tentunya topik menjadi kebiasaan sebelum memulai menulis.

Menentukan topik menjadi langkah awal untuk memulai menulis. Dengan adanya topik, Anda dapat memiliki gambaran seperti apa nanti alur tulisan dan bagaimana cara penyampaiannya.

Apabila Anda mengalami kesulitan, cobalah cari referensi topik unik dan menarik untuk diangkat. Misalnya, melalui goggle, majalah, koran, dan media lainnya.

  1. Buat Judul Unik dan Menarik

Setelah topik sudah Anda dapatkan. Langkah selanjutnya yaitu membuat judul semenarik mungkin.

Gunakan lah istilah-istilah dimana tidak banyak orang tahu. Misalnya dalam bidang teknologi Anda membuat judul “Pemerataan Pertanian Lokal Terintegrasi dengan Cloud Computing for Land Mapping”.

Pembuatan judul menarik akan membuat traffic readers artikel Anda semakin meningkat. Hal ini sejalan dengan kualitas yang diberikan juga semakin baik.

  1. Buat Kerangka Tulisan

Setelah menentukan topik, Anda perlu membuat kerangka tulisan. Hal ini bertujuan agar tulisan Anda tidak berantakan.

Selain itu, keterkaitan tulisan antara satu paragraf dengan paragraf lainnya saling berkaitan. Dan menghindari pelebaran dalam pembahasan topik.

  1. Lakukan Kajian Data secara Spesifik

Mengkaji pustaka menjadi bagian penting dalam keabsahan tulisan yang Anda buat. Karena dengan data terkumpul lebih banyak, maka referensi Anda juga bertambah.

Selain itu dalam gaya bahasa ke penulisan juga semakin bagus. Poin penting dalam melakukan kajian pustaka yaitu sesuaikan dengan topik yang Anda pilih.

Jika berkaitan dengan ekonomi lakukan riset dalam bidang ekonomi. Cari tahu konsep tentang inflasi di Indonesia.

5 cara mudah menulis artikel konseptual di atas dapat Anda implementasikan. Artikel konseptual adalah salah satu karya tulis yang dapat Anda kembangkan sehingga mampu melahirkan pengembangan ide dan gagasan lebih berkualitas.