Cara Mudah Merawat Jilbab Voal Agar Tidak Mudah Rusak

 

Jilbab voal dapat dikatakan sebagai primadona dalam beberapa waktu belakangan ini. Pasalnya jilbab ini memang menawarkan kenyamanan secara maksimal untuk para penggunanya. Tak hanya memberikan rasa nyaman dan dingin saat digunakan, jilbab berbahan voal juga sering dianggap lebih mudah dibentuk dibandingkan dengan jenis bahan lainnya. Karena karakteristik jilbab ini tidak terlalu tipis dan juga tidak terlalu tebal sehingga sangat ringan saat digunakan.

Campuran bahan voal juga bervariasi, ada jilbab voal saja, jilbab katun voal, jilbab voal denim, dan masih banyak lagi. Digunakan hampir setiap hari, tentunya perawatan jilbab berbahan voal tidak boleh dilakukan sembarangan. Agar tetap awet dan tak mudah rusak, ada beberapa cara simpel yang perlu Anda lakukan dalam merawat kerudung ini. Simak ulasannya di bawah ini.

Cuci dengan Tangan

Dalam merawat jilbab berbahan voal, salah satu poin utama adalah tata cara dalam mencuci. Hal ini dikarenakan jilbab ini punya karakteristik yang lembut dan ringan, sehingga pencuciannya harus dilakukan dengan menggunakan tangan.

Anda bisa merendam jilbab di dalam air yang sudah diberikan detergen selama 15 menit. Lalu, kucek perlahan untuk membersihkan noda yang menempel. Setelah itu bilas hingga bersih dengan menggunakan air dan pelembut pakaian. Hal yang harus diperhatikan, hindari penggunaan pelembut pakaian yang terlalu banyak karena bisa merusak serat jilbab berbahan voal.

Hindari Menjemur di Bawah Matahari Langsung

Setelah jilbab voal dicuci bersih, saatnya menuju ke proses pengeringan. Cara mengeringkan jilbab berbahan voal dengan benar adalah tidak menjemurnya di bawah matahari langsung. Sebaiknya Anda menjemurnya di area yang teduh, sebab cahaya matahari langsung bisa membuat kerudung jadi lebih mudah rusak dan warnanya pun memudar.

Karena bahannya tidak terlalu tebal, kerudung ini pun lebih mudah kering walaupun hanya diangin-anginkan saja. Dengan demikian Anda tak perlu repot menunggunya kering dalam waktu lama karena tidak dijemur di bawah matahari langsung.

Perhatikan Tempat Penyimpanannya

Hal yang tak kalah penting dalam merawat jilbab berbahan voal adalah tempat penyimpanannya. Anda bisa mencoba menyimpannya dengan cara dilipat ataupun di gantung. Akan tetapi, pastikan Anda tidak menyimpannya di tempat yang lembap. Karena hal tersebut bisa menimbulkan jamur dan membuat jilbab menjadi mudah rusak.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggantung jilbab voal di ruangan terbuka secara rapi agar membuatnya tidak lembap karena udara yang ada di lemari. Dengan demikian jilbab pun bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Jangan Gunakan Peniti

Poin terakhir yang harus diperhatikan dalam merawat jilbab berbahan voal adalah tidak menggunakan peniti saat menyematkan kerudung yang satu ini. Hal tersebut dikarenakan peniti bisa membuat jilbab lebih cepat bolong dan merusak teksturnya. Sebaiknya Anda menggunakan jarum pentul, tuspin, atau mencoba bros dagu untuk menyematkan jilbab berbahan voal.

Nah, itu tadi informasi seputar cara merawat jilbab voal yang mudah dan pastinya simpel. Jika Anda bingung dimana membeli jilbab berbahan voal premium, Buttonscarves tentu dapat dijadikan sebagai solusi yang tepat. Mengapa demikian? Karena di sini Anda bisa menemukan koleksi jilbab secara lengkap dengan motif yang menarik. Hal inilah yang membuat banyak orang suka mengoleksi jilbab dari Buttonscarves. Terlebih lagi brand lokal ini memberikan kemudahan karena kini para wanita Indonesia bisa membeli kebutuhan fashion hijab mereka secara online tanpa harus merasa khawatir.