Tips Memilih Ukuran Pipa PVC serta Kegunaannya

 

Tips Memilih Ukuran Pipa PVC – Pipa adalah benda yang sangat dibutuhkan untuk kepentingan rumah atau industri. Biasanya, benda ini digunakan untuk urusan drainase air di rumah dan industri.

Pipa sendiri punya beberapa jenis, dimana salah satunya adalah pipa air PVC. Jenis pipa ini memiliki bobot yang ringan, anti karat, dan fleksibel. Harga pipa PVC juga terjangkau dan tahan lama, sehingga Anda tidak akan rugi menggunakan jenis pipa

Seperti jenis pipa lainnya, pipa PVC juga tersedia dalam berbagai ukuran. Jika ingin memilihnya, Anda bisa gunakan tips yang ada di bawah ini!

Tips Memilih Ukuran Pipa PVC

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah memilih PVC sesuai kebutuhan. Untuk mengetahuinya, Anda bisa cari tahu apa saja jenis-jenis PVC, lalu sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Adapun jenis-jenis pipa PVC itu adalah:

  • PVC Kelas AW: ini adalah jenis pipa PVC yang paling tebal dan cocok untuk saluran air bawah tanah, saluran air ke kran, serta saluran air rumah tangga.
  • PVC Kelas C: ini adalah jenis pipa PVC paling tipis. Jenis pipa ini cocok untuk buangan air dan pelindung kabel listrik.
  • PVC Kelas D: kalau yang satu ini memiliki ketebalan yang tergolong sedang. Jenis pipa PVC ini cocok untuk saluran pembuangan air rumah tangga.

2. Pastikan Ukurannya Pas dengan Kebutuhan

Selain jenis, ukuran pun juga harus diperhatikan. Pastikan ukuran pipa PVC yang dipilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengetahuinya, kamu bisa lihat ukuran tersebut pada label yang tersedia. Umumnya, PVC punya ukuran berkisar 17 mm sampai 267 mm. Jika Anda ingin menggunakan pipa untuk pembuangan air rumah tangga, Anda bisa gunakan pipa dengan ukuran sedang. Sementara itu, pilih pipa dengan ukuran besar jika ingin menggunakan pipanya untuk salura air bertekanan tinggi.

3. Lakukan Tes Pada Pipa PVC yang Dibeli

Jika sudah menemukan pipa PVC yang ukurannya cocok, Anda sebaiknya tes dulu pipa tersebut. Melakukan cara ini bisa membuat Anda tahu seperti apa kekuatan pipa tersebut. Jika kekuatannya memadai, silakan Anda tebus langsung pipa tersebut.

4. Jangan Lupa Membeli Fitting dan Perekat yang Tepat

Pipa PVC tidak bisa terpasang dengan baik tanpa fitting dan perekat. Untuk itu, jangan lupa membeli dua benda tersebut setelah mendapatkan PVC yang tepat. Sebagai saran, belilah fitting dan perekat dari merk yang sama dengan merk PVC yang Anda beli. Dengan cara ini, fitting dan perekat yang Anda beli bisa lebih mudah disesuaikan dengan PVC yang Anda punya.

Itulah beberapa tips memilih ukuran PVC dari SLO.co.id. Semoga bisa Anda praktikkan, sehingga Anda pun bisa mendapatkan pipa PVC yang sesuai ukuran.